Jadi dengan kata lain salah satu dari beberapa hal yang menjadi faktor iklim bisnis di indonesia ialah, pengaruh 'MODE' pasar internasional. Itu dikarenakan wilayah Indonesia strategis dengan negara-negara lainnya, memungkinkan indonesia 'dijamah' dan 'menjamah' pasar internasional lebih cepat, yang dengan secara otomatis mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia sendiri.
Berikut adalah beberapa faktor lain yang mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia:
1. Faktor Modal
Dengan modal yang dimiliki, orang bisa mulai berbisnis. Besar modal yang diperlukan untuk berbisnis tergantung dari bisnis apa yang akan kita jalani.
2.Faktor Sumber Daya Alam (SDA)
Agar bisnis yang dijalani tersebut sukses dan menghasilkan banyak keuntungan, tentu diperlukan orang-orang yang terampil, kreatif, berkualitas tinggi, ulet, mampu berinovasi, pantang menyerah, mempunyai kemampuan bersaing yang tinggi (kompetitif), sportif dan pandai mengolah bisnisnya 3.Faktor
3.kecocokan Produk
Faktor ini juga mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia. Produk yang cocok adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen serta harganya terjangkau (sesuai dengan daya beli konsumen). Produk tersebut harus bisa memberikan manfaat kepada konsumen dan bila perlu dapat memberikan tambahan kepuasan kepada konsumen. Orang yang berbisnis harus benar-benar mempertimbangkan harga yang mereka tetapkan. Mereka harus bisa menetapkan harga yang terjangkau dengan daya beli konsumen namun dengan tetap memperhitungkan biaya yang telah dikeluarkannya.
4.Faktor Lingkungan Masyarakat
Lingkungan masyarakat juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap iklim
bisnis di Indonesia. Lingkungan masyarakat cenderung dinamis, selalu ada
perubahan. Kebutuhan dan keinginan masyarakat bermacam-macam dan selalu
berubah-ubah. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus selalu memperhatikan
lingkungan masyarakat.
5.Faktor Persaingan Pasar
Pada kenyataannya di Indonesia, banyak sekali bisnis-bisnis yang saling
bersaing untuk dapat menguasai pasar sehingga mereka mendapatkan keuntungan
yang maksimal. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus mempunyai strategi
untuk dapat menguasai pasar dan mengalahkan pesaingnya.
6.Faktor Teknologi
Jika alam tidak bersahabat dengan kita tentu kegiatan bisnis pun dapat terganggu.
Misalnya adanya bencana banjir, tanah longsor dan lain-lain. Oleh karena itu,
kita harus memilih tempat bisnis yang sesuai dan kita harus bersahabat dengan
lingungan serta jangan merusakya.
8. Faktor jenis bisnis
8. Faktor jenis bisnis
Faktor ini juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap klim bisnis di Indonesia.
Dalam berbisnis tentunya kita harus memilih bisnis di bidang apa yang akan kita
jalani. Dalam memilih jenis bisnis tersebut, sebaiknya kita memilih jenis
bisnis yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Misalnya bisnis di bidang
pertanian. Kita juga harus mempertimbangkan keuntungan yang akan kita peroleh
sebelum kita menentukan bisnis di bidang apa yang akan kita jalani.
9. Faktor kebijakan pemerintah
Kebijakan pemerintah juga turut mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia.
Kebijakan pemerintah tersebut bisa saja mendatangkan peluang bagi bisnis kita
dan bisa pula menyebabkan hambatan bagi bisnis kita. Misalnya kebijakan dalam
menetapkan pajak.
10. Faktor kondisi negara
Kondisi negara yang dimaksud dapat berupa kondisi perekonomian, sosial politik
maupun pertahanan dan keamanan negara. Kondisi negara yang tidak menentu bisa
menghambat bisnis yang dijalani. Misalnya saat terjadi inflasi. Tentu
saja kondisi ini turut mempengaruhi bisnis yang sedang dijalani.
Demikianlah beberapa penjabaran yang aku ketahui, dan dari
beberapa sumber yang aku input kedalam tulisan ini. Betapapun riuhnya iklim dan
pasar Indonesia yang banyak dikemukakan ‘anjlok’ tapi kita tetap garuda-garuda
yang giat bekerja. Tetap terbang walaupun hujan. Catch me soon my lovely
readers, me love ya! :)
http://www.gunadarma.ac.id/
sharlitasara.blogspot.com/2010/10/tugas-1.html
fajardwysantoso22.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar