Halaman

Jumat, 19 Oktober 2012

Cuaca Terbang Sang Garuda

                 Indonesia,garuda ku ini merupakan teritori paling indah, strategis, dan bisa disebut juga surga dunia. Kami bangsa indonesia adalah garuda-garuda yang giat bekerja. Membuat pasar-pasar unggulnya di negri sendiri bahkan sampai ke manca negara. Dan karena itulah perputaran dan perkembangan bisnis di indonesia begitu pesat dan melaju hebat tak kalah dngan negara-negara adipura lainnya. Bahkan negara adipura berlomba menjadi investor bisnis di Indonesia.

                 Jadi dengan kata lain salah satu dari beberapa hal yang menjadi faktor iklim bisnis di indonesia ialah, pengaruh 'MODE' pasar internasional. Itu dikarenakan wilayah Indonesia strategis dengan negara-negara lainnya, memungkinkan indonesia 'dijamah' dan 'menjamah' pasar internasional lebih cepat, yang dengan secara otomatis mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia sendiri.

Berikut adalah beberapa faktor lain yang mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia:



1. Faktor Modal
              
                                Dengan modal yang dimiliki, orang bisa mulai berbisnis. Besar modal yang diperlukan untuk berbisnis tergantung dari bisnis apa yang akan kita jalani.


               
2.Faktor Sumber Daya Alam (SDA)
                              

                       Agar bisnis yang dijalani tersebut sukses dan menghasilkan banyak keuntungan, tentu diperlukan orang-orang yang terampil, kreatif, berkualitas tinggi, ulet, mampu berinovasi, pantang menyerah, mempunyai kemampuan bersaing yang tinggi (kompetitif), sportif dan pandai mengolah bisnisnya 3.Faktor 

3.kecocokan Produk
                             

                            Faktor ini juga mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia. Produk yang cocok adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen serta harganya terjangkau (sesuai dengan daya beli konsumen). Produk tersebut harus bisa memberikan manfaat kepada konsumen dan bila perlu dapat memberikan tambahan kepuasan kepada konsumen. Orang yang berbisnis harus benar-benar mempertimbangkan harga yang mereka tetapkan. Mereka harus bisa menetapkan harga yang terjangkau dengan daya beli konsumen namun dengan tetap memperhitungkan biaya yang telah dikeluarkannya.

4.Faktor Lingkungan Masyarakat
                                 

                                Lingkungan masyarakat juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap iklim bisnis di Indonesia. Lingkungan masyarakat cenderung dinamis, selalu ada perubahan. Kebutuhan dan keinginan masyarakat bermacam-macam dan selalu berubah-ubah. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus selalu memperhatikan lingkungan masyarakat.


 
5.Faktor Persaingan Pasar

                                   

                     

                                Pada kenyataannya di Indonesia, banyak sekali bisnis-bisnis yang saling bersaing untuk dapat menguasai pasar sehingga mereka mendapatkan keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus mempunyai strategi untuk dapat menguasai pasar dan mengalahkan pesaingnya.




                              
6.Faktor Teknologi
                          
                                Jika alam tidak bersahabat dengan kita tentu kegiatan bisnis pun dapat terganggu. Misalnya adanya bencana banjir, tanah longsor dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus memilih tempat bisnis yang sesuai dan kita harus bersahabat dengan lingungan serta jangan merusakya.

8.  Faktor jenis bisnis
                                Faktor ini juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap klim bisnis di Indonesia. Dalam berbisnis tentunya kita harus memilih bisnis di bidang apa yang akan kita jalani. Dalam memilih jenis bisnis tersebut, sebaiknya kita memilih jenis bisnis yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Misalnya bisnis di bidang pertanian. Kita juga harus mempertimbangkan keuntungan yang akan kita peroleh sebelum kita menentukan bisnis di bidang apa yang akan kita jalani.

9.  Faktor kebijakan pemerintah
                                Kebijakan pemerintah juga turut mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia. Kebijakan pemerintah tersebut bisa saja mendatangkan peluang bagi bisnis kita dan bisa pula menyebabkan hambatan bagi bisnis kita. Misalnya kebijakan dalam menetapkan pajak.

10.  Faktor kondisi negara
                                Kondisi negara yang dimaksud dapat berupa kondisi perekonomian, sosial politik maupun pertahanan dan keamanan negara. Kondisi negara yang tidak menentu bisa menghambat bisnis yang dijalani. Misalnya saat terjadi inflasi. Tentu saja kondisi ini turut mempengaruhi bisnis yang sedang dijalani.







Demikianlah beberapa penjabaran yang aku ketahui, dan dari beberapa sumber yang aku input kedalam tulisan ini. Betapapun riuhnya iklim dan pasar Indonesia yang banyak dikemukakan ‘anjlok’ tapi kita tetap garuda-garuda yang giat bekerja. Tetap terbang walaupun hujan. Catch me soon my lovely readers, me love ya! :)



http://www.gunadarma.ac.id/


sharlitasara.blogspot.com/2010/10/tugas-1.html

fajardwysantoso22.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar