Halaman

Jumat, 16 November 2012

Perdagangan dan Pemasaran Internaional



     Pada saat ini mobilitas manusia di belahan bumi manapun semakin luas dan meng-global. Segalanya bisa ter-connected satu sama lain semakin mudah. Karena pada dasarnya manusia tidak bisa berdiri secara mandiri untuk segala hal untuk kelangsungan hidupnya. Segala kebutuhan manusia menjadi mudah  saat yang surplus memberikan pada yang minus. Dan kini tranksaksi demikian telah jamak terjadi bahkan antar Negara. Perdagagan internasional dan pemasaran internasional,  adalah dua tranksaksi bisnis yang kini telah menjadi kesibukkan negara-negara di belahan dunia manapun. Tapi tunggu sebentar! Apa itu perdagangan internasional? Apa itu pemasaran internasional? Apakah sama? Atau berbeda? Mari kita uraikan.

          Perdangan Internasional dengan Pemasaran Internasional memang sepintas terlihat sama. Tetapi mereka berbeda karena:
-         Perdagangan Internasional adalah kegiatan bisnis yang dilakukan oleh suatu Negara dengan Negara lain. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Negara bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di negaranya masing-masing  dan kegiatan tersebut berupa ekspor dan impor barang dari suatu Negara ke Negara lainnya.  
-         Sedangkan, Pemasaran Internasional adalah suatu tranksaksi bisnis  yang dilakukan oleh perusahaan dalam suatu Negara dengan perusahaan asing di luar negri.

           Dan dengan penjabaran diatas dapat disimpulkan dan terlihat jelas bahwa Negara yang satu dengan yang lain sangat saling membutuhkan dalam kehidupan bisnis dewasa ini. Lalu mengapa setiap Negara harus melakukan bisnis internasional? Sebetulnya ada dua alasan utama mengapa Negara-negara melakukan tranksaksi bisnis internasional.

           Alasan pertama, karena satu Negara dengan Negara lainnya berbeda satu sama lain. Sehingga Negara-negara itu dapat mengambil keuntungan dari perbedaan yang ada satu sama lain.

           Alasan kedua, Negara-negara berdagang satu sama lain dengan tujuan mencapai skala ekonomis dalam produksi, maksudnya jika setiap Negara menghasilkan sejumlah barang tertentu maka mereka dapat menghasilkan barang-barang tersebut dengan skala yang lebih besar dan karenanya lebih efisien dibandingkan jika Negara tersebut mencoba untuk meproduksi segala jenis barang.

           Pada intinya adalah keberadaan adanya bisnis internasional adalah untuk mendapatkan surplus dan saling melengkapi antara daerah surplus dengan yang minus, dan untuk mengefesienkan segala kegiatan ekonomi agar lebih ekonomis.

Dan segala yang terjadi dalam bisnis internasinal tidak serta merta terjadi begitu saja, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu:

1.     Kompetitive               : Jenis dan jumlah pesaing, lokasi dan kegiatan mereka.
2.     Distributive                : Agen nasinal dan internasional yang tersedia untuk                                            mendstribusikan barang dan jasa.
3.     Variable ekonomi       : GNP, biaya buruh perunit, dan pengeluaran konsumsi                                             pribadi yang mempengaruhi kemampuan perusahaan
                                                   untuk melakukan bisnis.
4.sosioekonomi               :karakteristik dan distribusi populasi manusia.
5.keuangan                      :variable seperti suku bunga, tingkat inflasi dan                                                    perpajakan.

(http://thestoryofwhiteandfat.blgspot.com/2011/11/karakteristik-yang-mempengaruhi-bisnis.html/)
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar