Judul :
Bagaimana
mengelola koperasi agar berstandar nasional.
Identitas Pengarang :
a. Firdaus
M. Yusuf
Gelar sarjana diraih pada program studi
Teknik Sipil – ITB tahun 2004 dan gelar magister pada program Magister
Administrasi Bisnis (MBA) – ITB tahun 2007.
b. Aurik
Gustomo
Asisten Profesor di Sekolah Bisnis dan
Manajemen – ITB, sub-KK People and Knowledge Management. Penelitian-penelitian
yang sedang dilakukan saat ini adalah dalam bidang Manajemen SDM berbasis
kompetensi (MSDM-BK) dan Cross-Cultural Management.
I. Abstrak
A.
Pengertian
Koperasi adalah
perkumpulan orang dan modal yang memiliki tujuan bisnis dan sosial, berbeda
dengan badan usaha lainnya oleh karena itu manajemen sumber daya manusia (MSDM)
memegang peranan yang penting dalam koperasi. MSDM membantu untuk mewujudkan
tujuan yang optimal dari sebuah organisasi dengan meningkatkan efektifitas dan
efisiensi sumber daya manusia.
B.
Latar
Belakang
Koperasi
ABC memiliki visi untuk menjadi koperasi
yang profesional
dan sejajar dengan perusahaan lain dengan tetap menjaga ciri khas koperasi, yaitu meningkatkan kualitas kehidupan anggotanya. Untuk mewujudkan visinya tersebut, koperasi ABC harus membenahi manajemen usahanya, salah satunya adalah memperbaiki dan meningkatkan kinerja sumber daya manusianya. Sebagai langkah awal koperasi harus mampu mengidentifikasi permasalahan pengelolaan SDM. Riset ini bertujuan untuk melakukan identifikasi permasalahan SDM tersebut.
Metode identifikasi dilakukan dengan melakukan pemetan terhadap kondisi pengelolaan SDM saat
ini dan membandingkannya Koperasi XYZ,
yaitu koperasi yang menjadi acuan dalam pengelolaan perkoperasian di Indonesia. Pemetaan permasalahan dilakukan dengan metoda kuesioner dan wawancara. Pola identifikasi masalah manajemen SDM dilakukan dengan cara membagi aspek‐aspek MSDM kedalam 5 dimensi, yaitu dimensi arah
sasaran, kondisi organisasi, kondisi pengelolaan SDM,
budaya dan integrasi.
Kelima dimensi inilah yang digunakan sebagai alat dalam identifikasi masalah MSDM pada koperasi ABC ini.
Hasil identifikasi MSDM menunjukan adanya kesenjangan baik dalam manajemen SDM untuk kelima dimensi yang diukur.
Urutan prioritas perbaikannya adalah secara berturut‐turut yaitu dimensi budaya, kondisi organisai, arah dan sasaran, kondisi pengelolaan SDM dan integrasi. Koperasi memiliki berbagai keterbatasan, namun upaya yang berkesinambungan untuk mewujudkan visi misinya tetap harus dilakukan. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara
seperti pengoptimalan program pelatihan, perbaikan
komunikasi internal dan membangun budaya sportivitas dalam bermitra.
Daftar Pustaka
1. Hellriegel,Don,Slocum,John W., (2004), Organization Behaviour 10th Ed,Ohio: Thomson South Western
2. Kaplan, Robert S dan David P. Norton, The Strategy Focus Organization, 2001, Boston: Harvard Business School Press.
3. Malayu H, (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta:Bumi Aksara
4. Moeljono, Djokosantoso, (2005), Cultured!, Jakarta: Elexmedia Komputindo
5. Pandji dan Ninik, (2003), Dinamika Koperasi, Jakarta: Bina Adiaksara
6. Porter, M. E, (2004), Competitive Strategy, New York: Free Press
7. Soetrisno, Jurnal ekonomi rakyat, http://www.ekonomirakyat.org, diakses 15 September 2006
8. Sunarto, (2004), Manajemen c Koperasi, Yogyakarta: Amus
9. Tjakraatmadja, Jann Hidajat, Gustomo, Aurik, Sari H. , (2001), Penyusunan Sistem Audit MSDM PT Jasa Marga, laporan Pekerjaan LAPI ‐ ITB
Daftar Pustaka
1. Hellriegel,Don,Slocum,John W., (2004), Organization Behaviour 10th Ed,Ohio: Thomson South Western
2. Kaplan, Robert S dan David P. Norton, The Strategy Focus Organization, 2001, Boston: Harvard Business School Press.
3. Malayu H, (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta:Bumi Aksara
4. Moeljono, Djokosantoso, (2005), Cultured!, Jakarta: Elexmedia Komputindo
5. Pandji dan Ninik, (2003), Dinamika Koperasi, Jakarta: Bina Adiaksara
6. Porter, M. E, (2004), Competitive Strategy, New York: Free Press
7. Soetrisno, Jurnal ekonomi rakyat, http://www.ekonomirakyat.org, diakses 15 September 2006
8. Sunarto, (2004), Manajemen c Koperasi, Yogyakarta: Amus
9. Tjakraatmadja, Jann Hidajat, Gustomo, Aurik, Sari H. , (2001), Penyusunan Sistem Audit MSDM PT Jasa Marga, laporan Pekerjaan LAPI ‐ ITB
Sumber:
http://www.sbm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2010/01/Bagaimana-koperasi-MBA-review-2007.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar