Halaman

Minggu, 18 Januari 2015

Imbas Harga BBM murah ke Konversi BBG

Penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) diperkirakan akan mengganggu pengembangan program konversi BBM ke Bahan Bakar Gas (BBG) yang sudah bertahun-tahun direncanakan oleh pemerintah.

Analis Energi dari Bower Group Asia, Rangga R. Fadillah mengungkapkan, semakin murahnya harga BBM akan menyulitkan pengembangan bahan bakar alternatif seperti gas.

"Harga minyak makin terjangkau membuat pengembangan energi alternatif tambah sulit," kata Rangga, di Jakarta, Minggu (18/1/2015).

Ia menambahkan, walaupun harga gas biasanya ikut turun merefleksi harga minyak dunia. Namun, pengembangan BBG memerlukan infrastruktur tambahan yaitu jaringan pipa dan alat pengubah konsumsi bahan bakar yang dipasang pada kendaraan (konverter kit). 

"Kelemahan BBG adalah membutuhkan infrastruktur tambahan  seperti converter kit yang mensyaratkan tambahan biaya bagi si pemakai," ungkapnya.

Karena itu, menurut Rangga, penurunan harga BBM akan menghambat pengembangan program konversi BBM ke BBG. Pasalnya, masyarakat lebih memilih menggunakan BBM yang saat ini lebih murah dan gampang.

"Agak sulit untuk dikembangkan secara masif karena mendingan pakai minyak aja, toh harganya lagi murah," pungkasnya. (Pew/Gdn)

Sumber:http://bisnis.liputan6.com/read/2162627/harga-minyak-murah-sulitkan-konversi-bbm-ke-bbg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar